15 TIPS YANG MENJELASKAN JIKA ANDA TIDAK BERKEWAJIBAN UNTUK MENJELASKAN APAPUN KEPADA SEMUA ORANG

Banyak pilihan yang dapat kita lakukan didalam hidup ini, mulai dari bagaimana kita memperlakukan diri kita untuk tetap hidup sampai berinteraksi dengan menjawab semua pertanyaan dan komentar dari orang-orang di sekitar kita. Anggota keluarga, teman dan bahkan orang lain selalu memiliki pendapat tersendiri terhadap suatu hal yang kita lakukan, tidak peduli seberapa keil atau besar hal tersebut.

Terkadang setiap orang akan meminta anda untuk menjelaskan atas keputusan atau pilihan yang telah anda buat didalam hidupmu sendiri. Anda mungkin merasa berkewajiban untuk menanggapi hal tersebut tetapi dalam beberapa kasus, anda sebenarnya tidak berkewajiban untuk menjelaskannya.

Berikut ini adalah 15 tips yang menjelaskan jika anda tidak berkewajiban untuk menjelaskan apapun kepada semua orang, diantaranya adalah :

1. Anda tidak perlu menjelaskan perihal kondisi kehidupanmu kepada siapapun

Terlepas dari apakah anda hidup berdua satu rumah dengan pacar, pernah menginap di semua hotel yang berbeda di seluruh negeri ataupun kini hidup bersama kedua orang tuamu; anda tidak perlu menjelaskan hal ini kepada siapapun.

Jika anda sepenuhnya menyadari kondisi kehidupanmu sekarang, maka itu berarti anda memiliki alasan tersendiri untuk berada di situasi tersebut dan itu bukan merupakan urusan orang lain.

2. Anda tidak perlu menjelaskan perihal prioritas kehidupanmu kepada siapapun

Anda tentu memiliki ide tersendiri tentang hal-hal yang akan membuat dirimu dan orang yang anda cinta merasa nyaman dan bahagia, inilah prioritas anda.

Karena kita semua adalah mahluk individu unik yang dilengkapi dengan nilai impian, aspirasi, dan prioritas tertentu; hal inilah yang membuat anda menjadi berbeda dengan orang lain. Anda tidak perlu menjelaskan prioritas kehidupanmu kepada siapapun. Ini adalah bisnis pribadimu dan bukan urusan orang lain.

3. Anda tidak perlu meminta maaf kepada siapapun jika anda tidak berbuat salah

Jika anda tidak menyesali tindakanmu, masih berpikir kepada seseorang yang berbuat salah atau tidak peduli untuk memaafkan mereka, maka anda tidak perlu meminta maaf.

Banyak orang yang terlalu cepat untuk menawarkan permintaan maaf dan mencoba mengobati luka yang belum siap untuk diobati, hal ini hanya memperburuk luka dan membawa lebih banyak masalah. Anda tidak perlu meminta maaf jika anda tidak menyesal.

4. Anda tidak perlu menjelaskan perihal waktu kesendirianmu kepada siapapun

Anda mungkin pernah khawatir saat dicap sebagai orang yang ‘kasar’, ‘anti-sosial’ atau ‘penyendiri’ ketika anda membatalkan rencana atau kewajiban lainnya karena anda perlu menikmati waktu kesendirian untuk bersantai sejenak. Namun, menghabiskan waktu sendirian adalah hal yang normal, alami dan terkadang harus dilakukan. Luangkan waktu kesendirianmu untuk membangun kepercayaan diri dan orang lain tidak perlu tahu akan hal itu.

5. Anda tidak perlu menyetujui keyakinan pribadi mereka

Hanya karena seseorang berbagi keyakinan pribadi mereka dengan penuh semangat, itu tidak berarti anda harus duduk disana dan mengangguk serta menyetujui semua hal yang mereka katakan. Jika anda tidak menyetujui keyakinan mereka, maka anda tidak membohongi diri dan perasaanmu sendiri. Hal ini akan memaksa orang lain untuk lebih menekankan lagi pikiran mereka.

6. Anda tidak perlu mengatakan ‘YA’ terhadap semua hal yang mereka katakan

Anda memiliki hal untuk mengatakan ‘TIDAK’ setiap kali ada alasan kuat untuk mengatakannya, begitu pula dengan kata ‘YA’. Bahkan, orang-orang tersukses di dunia adalah orang yang telah menguasai seni mengatakan ‘TIDAK’ untuk segala sesuatu yang tidak berada didalam prioritasnya.

 border=

Pahamilah kebaikan orang lain dan selalu bersyukur untuk hal itu, tetapi anda juga jangan segan untuk menolak segala hal yang dapat menarik fokus anda dari tujuan dan prioritasmu. Ini merupakan satu-satunya cara untuk maju.

7. Anda tidak perlu menjelaskan perihal penampilan fisikmu kepada siapapun

Anda mungkin bertubuh kurus, gemuk, tinggi, pendek, cantik, polos atau apapun, namun perlu diingat bahwa anda tidak harus menjelaskan penampilan fisikmu kepada siapapun. Penampilan fisikmu adalah urusanmu sendiri dan anda berkewajiban untuk mengurus diri sendiri. Penampilan fisik tidak selalu menentukan harga diri anda.

8. Anda tidak perlu menjelaskan perihal citarasa makananmu kepada siapapun

Ada makanan tertentu yang pastinya anda tidak suka sama sekali, hal ini mungkin dikarenakan pilihan citarasa dan alasan kesehatan. Anda tidak perlu menjelaskan jika anda menyukai beberapa makanan tertentu kepada siapapun.

Citarasa makanan adalah suatu hal yang sebaiknya diseragkan kepada anda sendiri. Jika ada seorang teman anda yang bertanya mengapa anda makan (atau tidak makan) makanan tertentu, anda cukup mengangkat bahu dan mengatakan jika anda merasa lebih baik untuk makan (atau tidak makan) makanan tersebut.

9. Anda tidak perlu menjelaskan perihal kehidupan seksmu kepada siapapun

Anda tidak perlu menjelaskan dimana, kapan dan bagaimana anda telah melakukan kehidupan seks bersama pasanganmu kepada siapapun. Anda bisa melakukan hal tersebut ketika menikah nanti atau bereksperimen dengan melakukan cinta satu malam untuk melepaskan hasratmu, namun anda tidak perlu menjelaskan citarasa seksual anda kepada siapapun.

10. Anda tidak perlu menjelaskan perihal karir atau kehidupan pribadimu kepada siapapun

Terkadang keadaan akan memaksa kita untuk memilih antara pekerjaan dengan “membangun sebuah kehidupan”. Keputusan ini tidaklah mudah dan mungkin anda akan berakhir dengan memilih pekerjaan, hal ini bukan karena anda tidak peduli dengan keluarga atau kehidupan sosial disekitarnya tetapi karena anda bekerja pada sesuatu yang akan memberikan keamanan di masa depan nanti.

 border=

Perlu diingat jika anda tidak perlu menjelaskan kepada orang lain perihal memilih karir atau kehidupan prbadi (atas sebaliknya) selama anda yakin dengan apa yang telah anda lakukan dan kenapa anda melakukannya.

11. Anda tidak perlu menjelaskan perihal pandangan agama atau politik kepada siapapun

Terlepas apakah anda merupakan seorang Demokrat, Partai Republik, Katolik, Protestan atau Muslim; itu adalah pilihan anda sendiri. Anda tidak perlu menjelaskan kepada siapapun tentang agama atau politik apa yang anda yakini. Jika seseorang tidak dapat menerima kehadiranmu karena masalah agama dan politik, maka itu adalah masalah norma dan bukan dirimu.

12. Anda tidak perlu menjelaskan perihal status ‘lajang’mu kepada siapapun

Terlepas dari apakah anda ‘lajang’ karena tidak mempunyai pasangan atau tidak mempunyai rekan bisnis, menjadi lajang bukanlah sebuah gangguan kepribadian. Selain itu, status lajang hanyalah salah satu label sosial yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan dan tidak ada satupun yang akan peduli dengan itu.

13. Anda tidak perlu menjelaskan kepada siapapun hanya karena mereka bertanya

Mungkin anda akan menjumpai seseorang yang baik, tampan, cantik, kaya dan lain-lain sehingga membuat anda sedikit tertarik tetapi anda tidak perlu menjelaskan kepada siapapun hanya karena mereka bertanya duluan. Jika anda merasa didalam hati tidak perlu mengejar hal tersebut, maka jangan dilakukan. Namun semua keputusan tentu berada di tangan anda.

14. Anda tidak perlu menjelaskan perihal keputusan anda untuk menikah kepada siapapun

Apakah anda ingin menikah dan membangun sebuah keluarga kecil yang bahagia? Itu merupakan keputusan anda sendiri. Bahkan ibumu sendiri harus memahami jikalau pernikahan adalah keputusan pribadi dan semua orang tentu tidak bisa memaksakan hal itu. Orantua tentu menghormati semua keputusanmu.

15. Anda tidak perlu menjelaskan perihal hubungan anda kepada siapapun

Terkadang orang akan membuat komentar yang tidak sedap seputar hubungan anda yang romantis sehingga hal tersebut menjadi urusan mereka. Anda mungkin akan mendengar celetukan yang ditujukan kepada anda seperti “Anda bukanlah seorang apsangan yang sempurna” atau anda harus mencari pasangan hidup lainnya.

Namun anda tidak perlu menjelaskan perihal hubungan anda keapda siapapun. Anda menjalani hidup sendiri, membina sebuah hubungan dan memutuskan hubungan itu semuanya bukan urusan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *